Switch to English



Factsheet Down to Earth tentang Lembaga-lembaga Keuangan Internasional

Nr 1, Februari 2000: Bank Dunia


LKI di Indonesia

LKI adalah singkatan dari Lembaga-lembaga Keuangan Internasional atau International Financial Institutions (IFIs). LKI merupakan organisasi internasional, yang beranggotakan beberapa pemerintahan negara, biasanya negara maju. Mereka meminjamkan uang kepada negara berkembang. LKI yang paling menonjol adalah Kelompok Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Asian Development Bank (ADB). LKI juga dikenal sebagai Bank-bank Pembangunan Multilateral (Multilateral Development Banks).

Seri Factsheet bulanan tentang LKI ini menyajikan informasi tentang kiprah mereka di Indonesia.


Bank Dunia

Kelompok Bank Dunia adalah badan pemberi pinjaman multilateral yang terdiri dari empat lembaga yang berhubungan erat, yaitu Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD), Asosiasi Pembangunan Internasional (IDA), Korporasi Keuangan Internasional (IFC), dan Badan Penjamin Investasi Multilateral (MIGA). Bank Dunia memberikan pinjaman kepada negara-negara berkembang untuk membantu mengurangi kemiskinan dan membiayai investasi untuk pertumbuhan ekonomi.

Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD), sering disebut sebagai Bank Dunia saja, memberikan dana kepada negara-negara berkembang yang dianggap layak menerima dengan pendapatan per kapita yang relatif tinggi. IBRD menghimpun dana melalui penjualan obligasi di pasar uang internasional dengan jaminan pembayaran kembali yang pasti.

Asosiasi Pembangunan Internasional (IDA) memberikan pinjaman kepada negara-negara dengan bunga lebih rendah daripada yang berlaku di pasaran. IDA memberikan pinjaman kepada negara-negara berkembang yang masuk kategori termiskin (pendapatan per kapita di bawah $925 kurs dolar pada tahun 1996) di luar kategori negara-negara yang layak memperoleh pinjaman dari IBRD. Penyumbang dana terbesar untuk lembaga ini adalah negara-negara kaya yang menjadi anggotanya. Pinjaman IDA dapat dilunasi dalam jangka waktu 35 hingga 40 tahun (tergantung pada tingkat pembangunan negara peminjam), termasuk sepuluh tahun masa tenggang dan tanpa bunga, kecuali 0,75 persen untuk biaya jasa tahunan. Kredit IDA hanya ditujukan bagi pemerintah.

Korporasi Keuangan Internasional (IFC) memberikan bantuan pembiayaan proyek untuk investasi swasta di negara-negara berkembang. IFC menawarkan pinjaman jangka panjang dan investasi modal, selain jasa keuangan lainnya. Umumnya, IFC menginvestasikan hingga 25 persen dari total biaya proyek.

Badan Penjamin Investasi Multilateral (MIGA) didirikan pada bulan April 1988 untuk membantu investor mengatasi masalah risiko politik. Ketakutan investor terhadap risiko politik (seperti gejolak sosial) berdampak pada menurunnya arus investasi langsung dari luar negeri. MIGA bertujuan memberikan kepastian terhadap risiko-risiko ini.


Pinjaman terbaru untuk Indonesia

Bank Dunia adalah lembaga donor terbesar kedua kepada Indonesia. Mereka mempunyai kantor perwakilan besar di Jakarta.

1997/8$1,5 US milyar
1998/92,7 US$ milyar
1999/001,5 US$ milyar
2000 (forecast)1,1 US$ milyar

Contoh proyek Bank Dunia di Indonesia mencakup: Pinjaman Jaring Pengaman Sosial; Pinjaman Pembangunan Pendidikan II untuk Buku dan Minat Baca; Pinjaman Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Suralaya; Pinjaman Proyek Bantuan Reformasi Perbankan; Pinjaman Modernisasi Sektor Telekomunikasi dan Pinjaman Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah.

Konsultasi dengan masyarakat sipil dan kampanye

Bank Dunia memiliki prestasi yang lebih baik dalam hal konsultasi dibandingkan IMF. Seperti halnya dengan IMF, kalangan LSM bisa mendesak untuk melakukan pertemuan dengan mengirim utusan-utusan dan menyoroti kebijakan-kebijakan yang bermasalah, memberi alternatif kebijakan dan sekali lagi menyoroti kebijakan/sasaran yang tidak diimplementasikan (pinjaman bisa ditunda).

Nota: Informasi berikut sudah diperbarui di tahun 2007

Kantor perwakilan tetap di Indonesia:

Direktur (acting): Joel Hellman
Alamat:Gedung Menara JSE 2,
lantai 12, Jakarta 12190 Jakarta Selatan 12190,
Jakarta
Telepon: 021-5299 3000
Fax: 021-5299 3111
Situs web: http://www.worldbank.org
Situs web tentang Indonesia

Kontak lain - Kantor Pusat, Washington:

Alamat: The World Bank
1818 H Street, N.W.
Washington, DC 20433 U.S.A.
Tel: 1-202- 477-1234
Fax:1-202- 522-3405

Untuk kontak lain lihat;

http://web.worldbank.org/WBSITE/EXTERNAL/NEWS/0,,contentMDK:20035595~menuPK:36691~pagePK:116743~piPK:36693~theSitePK:4607,00.html


Edisi mendatang: Factsheet tentang siapa yang menjalankan LKI dan apa yang terjadi dengan paket pertama penyelamatan ekonomi Indonesia dari IMF


Factsheet LKI diterbitkan oleh Down to Earth, Kampanye Internasional untuk Lingkungan Hidup yang Berkeadilan di Indonesia.

Update dan Factsheet tentang LKI tersedia dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Anda dapat memperolehnya melalui email (versi rtf) secara cuma-cuma. Edisi cetak tersedia sebagai suplemen newsletter DTE. Newsletter dapat Anda peroleh dengan cara berlangganan atau saling tukar dengan publikasi organisasi Anda.

Bila Anda ingin menerima Update bulanan dan Factsheet via email, silakan kirim alamat email Anda ke dte@gn.apc.org. Cantumkanlah bahasa yang Anda kehendaki. Anda juga bisa memilih kedua bahasa.


Kantor: 59 Athenlay Rd, London SE15 3EN, England, email: dte@gn.apc.org tel/fax:+44 207732 7984; web:http://www.gn.apc.org/dte


   Advokasi    DTE Homepage    Buletin    Link